kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini respons pemerintah soal sulitnya izin impor


Selasa, 01 Agustus 2017 / 18:22 WIB
Ini respons pemerintah soal sulitnya izin impor


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Dessy Rosalina

JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini menggelar pertemuan dengan para importir terkait perizinan impor yang menghambat bisnis mereka.

Dalam pertemuan ini, hadir Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi, dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Sri Mulyani mengatakan, ia mendengar bahwa belakangan beberapa perusahaan contohnya industri tekstil mengeluh terhambat produksinya lantaran sulitnya mengurus perizinan impor. Hal ini menurutnya harus diselesaikan karena akan berdampak pada perekonomian negara.

"Orang menginginkan ingin patuh tapi aturannya jangan berbelit-belit. Ini saya rasa permintaan yang fair. Supaya bisa melayani masyarakat dengan baik," kata dia di Gedung Kemenkeu, Selasa (1/8).

Oleh karena itu, usai pertemuan itu, Sri Mulyani mengatakan kepada para pengusaha yang hadir untuk tidak segan-segan menagih kepada pemerintah apabila masih menemukan kesulitan. Adapun pertemuan hari itu menurutnya harus di-follow up lebih lanjut.

“Kalau Anda tidak dapat follow-up dari pertemuan ini sila kasih tahu saya,” ujarnya menutup pertemuan tersebut.

Menurut Sri Mulyani, berbelitnya perizinan impor yang dikeluhkan importir ini adalah hal yang wajar sehingga apa-apa saja yang disampaikan oleh perwakilan dunia usaha pada pertemuan tersebut menjadi perhatian pemerintah untuk melakukan evaluasi ke depannya.

Oleh karena itu, sebagai langkah awal, Sri Mulyani dan kementerian juga lembaga lainnya membentuk tim kecil dalam mempermudah proses perizinan. Upaya mempermudah perizinan pun telah dimulai sejak hari ini.

“Siang hari ini, ada beberapa perusahaan yang dapat baru sertifikat untuk impor dari bea cukai,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×