kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini prosesi pemotongan sapi Jokowi


Jumat, 01 September 2017 / 19:40 WIB
Ini prosesi pemotongan sapi Jokowi
ILUSTRASI.


Sumber: Kompas.com | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Siang ini, Jumat (1/9/2017) suasana Shalat Jumat di Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta lebih ramai dari biasanya.

Ratusan kendaraan terparkir di halaman parkir masjid raya pertama Jakarta yang diresmikan Presiden Joko Widodo tersebut.

"Hari ini tumben Jumatan-nya rame banget enggak kayak biasanya. Jumatannya barengan sama Idul Adha Kali ya makanya rame," ujar seorang pedagang minuman di depan Masjid Raya.

Benar saja, hari ini pengelola masjid raya mengadakan prosesi pemotongan hewan kurban untuk pertama kalinya. Enam ekor sapi dan tiga ekor kambing telah siap untuk dikurbankan.

Salah satu hewan kurban terbilang cukup spesial. Seekor sapi warna putih dengan berat 975 kilogram yang terikat di pelataran masjid. Sapi istimewa itu merupakan sapi yang disumbangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ( Jokowi).

"Eh itu sapi Pak Jokowi udah dilepas, udah mau dipotong, ayo lihat ayo," teriak sejumlah anak yang berada di sekitar masjid raya.

Mendengar teriakan itu, pengelola masjid melarang para bocah tersebut mendekati lokasi pemotongan "sapi Pak Jokowi". "Jangan dekat-dekat ya, bahaya. Nanti diseruduk lho. Sana ke atas (lantai dua dan tiga masjid), lihat dari atas saja ya," ujar petugas.

Lokasi pemotongan hewan kurban di masjid ini belum begitu memadahi. Lokasi itu hanya berupa lahan kosong "berlantaikan" tanah.

Akibat berbagai keterbatasan yang ada, maka Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat menyediakan berbagai perlengkapan seperti terpal, ember hingga selang panjang.

Tak hanya itu, Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Marsawitri Gumay ikut memantau pemotongan hewan korban di masjid raya ini.

Pengelola masjid membangun tenda-tenda beralaskan terpal untuk proses pencacahan daging kurban saat hendak dibagikan.

Saat itu, "sapi Pak Jokowi" telah dalam posisi siap dikurbankan. Petugas menarik keempat kaki sapi berwarna putih tersebut agar posisinya tidur menyamping.

Setelah posisi sapi telah sesuai yang diinginkan, petugas mengajak seluruh warga yang hadir turut mengumandangkan takbir.

Akhirnya prosesi pemotongan "sapi Pak Jokowi" berjalan lancar. Petugas pun memotong kepala sapi hingga terlepas dari lehernya.

"Tolong leher ditutup dengan karung biar enggak kena tanah ya mas," ujar petuguas paramedis veteriner dari Sudin KPKP, Suripto.

Sapi putih itupun ditarik menuju tenda yang telah didirikan untuk diperiksa organ dalamnya, dicacah dan kemudian dibagikan kepada warga.

"Dengan segala keterbatasan, kita pengen dapat hasil daging yang higenis, sehat dan bebas dari penyakit. Paling tidak kita cek kesehatan dulu sebelum dipotong atau antimortem, lalu setelah dipotong atau postmortem. Titik beratnya di organ dalam," papar Suripto.

Suripto memastikan hewan-hewan kurban di masjid raya ini sehat dan layak konsumsi masyarakat.

"Karena hewan sakit dilihat dari jeroannya. Yang ditakutkan kan hewan kena antraks atau radang limfa. Kasus terakhir di Kulon Progo, Yogyakarta. Kita lihat hasilnya bagus, limfa pipih dan meruncing dan tidak keluar nanah," ucapnya.

Selain memantau selama proses pemotongan, Suripto juga mendampingi proses pembagian hewan kurban.

Dalam pembagian hewan kurban, ia menyarankan petugas memisahkan kantong plastik yang digunakan untuk menampung organ dalam dan daging hewan kurban.

"Organ dalam atau jeroan proses pembusukannya lebih cepat dan aroma menyengat, jadi harus dipisah saat dibagikan, jangan dicampur," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul Melihat Prosesi Pemotongan "Sapi Pak Jokowi" di Masjid Raya Jakarta 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×