kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini komitmen pemerintah untuk cegah stunting


Selasa, 03 Juli 2018 / 21:29 WIB
Ini komitmen pemerintah untuk cegah stunting
ILUSTRASI. PENDERITA GIZI BURUK


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan pembangunan sumber daya manusia Indonesia sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional. Hal itu dilakukan usai berbagai proyek infrastruktur telah dikerjakan di seluruh tanah air.

Dalam agenda tersebut, salah satu tantangan terbesar yang masih dihadapi adalah masih tingginya tingkat kekurangan gizi pada anak-anak yang berakibat pada tingginya angka stunting di Indonesia.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya menurunkan angka stunting di Indonesia melalui berbagai rencana aksi dan program yang melibatkan sebanyak mungkin kementerian dan lembaga yang terkait.

Saat ini, satu dari tiga anak Indonesia diindikasi menderita stunting karena berbagai sebab, mulai dari gizi buruk, perubahan perilaku masyarakat, sampai dengan pengetahuan yang masih minim.

Untuk itu, Presiden Jokowi berkali-kali menyelenggarakan rapat terbatas, mendatangi berbagai Posyandu, mengampanyekan peningkatan gizi bagi ibu hamil, bayi, dan anak-anak sampai dengan umur 2 tahun atau yang sering disebut sebagai periode emas seribu hari pertama kelahiran.

Ia meminta adanya rencana aksi yang konkret untuk mengatasi masalah ini. Salah satu program penanganan stunting yang programatis dan melibatkan banyak kementerian dan lembaga negara adalah penyelenggaraan Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) yang dituanrumahi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. WNPG ini melibatkan berbagai pihak antara lain akademisi, pemerintah, industri, dan masyarakat luas.

WNPG yang berlangsung tanggal 3-4 Juli 2018, adalah penyelenggaraan WNPG yang ke-11. Kegiatan ini melibatkan antara lain Kemenko PMK, Kementerian PPN/Bappenas, Kemenristekdikti, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, Badan POM, dan Badan Standardisasi Nasional.

Sehari sebelum kegiatan diselenggarakan, 2 Juli 2018, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dalam pertemuan dengan Kepala LIPI selaku penyelenggara mengatakan, Pemerintah menjadikan Pencegahan Stunting sebagai Program Prioritas Nasional. Ada 100 kabupaten menjadi prioritas intervensi di tahun 2018 dan 160 kabupaten di tahun 2019.

Ia menambahkan salah satu upaya pencegahan stunting adalah peluncuran Gerakan Nasional Cegah Stunting, melalui kunjungan Presiden Jokowi ke desa-desa prioritas. “Ini sekaligus untuk memotivasi Pemerintah Daerah dalam perjuangan ini," katanya

Dengan begitu perlu adanya penguatan infrastruktur posyandu sebagai garda terdepan Cegah Stunting. “Jika kader bisa mendeteksi lebih dini kemungkinan terjadinya masalah gizi, maka pencegahan stunting bisa lebih optimal dilakukan," tambah Moeldoko.




TERBARU

[X]
×