kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,49   5,85   0.63%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini Kemnag akan gelar sidang itsbat penentuan Ramadan 


Selasa, 15 Mei 2018 / 09:35 WIB
Hari ini Kemnag akan gelar sidang itsbat penentuan Ramadan 
ILUSTRASI. Konpers Kementerian Agama soal zakat


Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat untuk menetapkan awal Ramadan 1439 H pada Selasa (15/5) hari ini. 

"Sidang itsbat awal Ramadan akan dilaksanakan pada Selasa (15/5) di Auditorium HM.Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl.MH Thamrin No.6 Jakarta," ujar Juraidi, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Agama Selasa (15/5).

Menurut Juraidi, sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439 H. Proses sidang isbat dijadwalkan akan berlangsung sepelas shalat maghrib setelah ada laporan dari hasil rukyat hilal dari lokasi pemantauan.

Nah, hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi awal Ramadan 1439 H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1439 H.

"Sidangnya tertutup, sebagaimana itsbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," jelas Juraidi. 

Sidang itsbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Juraidi bilang, Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan 1439 H di seluruh provinsi di Indonesia. Pemantau hilal ini berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemnag kabupaten/kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×