kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GBK ditarget selesai renovasi total di Desember


Rabu, 04 Oktober 2017 / 09:52 WIB
GBK ditarget selesai renovasi total di Desember


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK), yang juga Ketua Dewan Pengawas Asian Games 2018 memeriksa kemajuan renovasi arena olahraga dan penataan kawasan di Komplek Olahraga Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Selasa (3/10).

Beberapa arena olahraga yang ditunjau yakni Lapangan Baseball dan Softball, Lapangan Panahan, Istana Olahraga (Istora), lapangan hoki dan sepakbola ABC, Stadion Utama GBK dan Stadion Renang (Aquatic Center). 

Usai peninjauan Wapres JK mengatakan optimistis renovasi venue olahraga di kawasan GBK yang dilakukan oleh Kementerian PUPR dapat selesai keseluruhan tepat waktu yakni pada Desember 2017. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menargetkan penyelesaian venue olahraga GBK dan penataan kawasan GBK akan selesai bertahap hingga rampung seluruhnya akhir tahun ini. Pada Bulan Oktober akan rampung dan Stadion Renang (Aquatic). Bulan November, akan selesai renovasi Istana Olahraga (Istora).

Desember 2017, akan diselesaikan sejumlah arena. Yakni Stadion Utama GBK, Training Facility, Stadion Tenis Indoor dan Outdoor, Stadion Madya, Softball, Gedung Basket dan Lapangan Baseball. Sedangkan untuk Lapangan Hoki dan Sepakbola ABC sudah selesai. 

Arena olahraga tersebut juga ditergetkan siap digunakan untuk uji coba kejuaraan Asian Games 2018 yang akan digelar pada 10-18 Februari 2018. Dalam penyelenggaraan kejuaraan sepuluh cabang olahraga yang terdiri dari cabang panahan, atletik, bulu tangkis, basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, voli, dan angkat besi. 

“Renovasi venue olahraga ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Sehingga kualitasnya harus dicek. Apabila ada satu saja yang jelek, maka bisa dianggap nanti jelek semua kualitasnya. Saya minta pengecekan secara detail, bukan pengujian secara acak,” kata Basuki pada keterangan tertulisnya, Selasa (3/10).

Asal tahu saja, renovasi 15 arena olahraga yang dilakukan Kementerian PUPR terbagi menjadi tujuh paket pekerjaan konstruksi dengan total nilai kontrak sebesar Rp 1,77 triliun. Selain di Komplek GBK, Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan pembangunan arena menembak dan danau dayung di Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang. Dan rehabilitasi 17 arena di Jawa Barat, serta membangun arena Jetski dan Dayung di Ancol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×