kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonom yakin pertumbuhan ekonomi kuartal II lebih baik


Rabu, 27 Juni 2018 / 17:14 WIB
Ekonom yakin pertumbuhan ekonomi kuartal II lebih baik
ILUSTRASI. Pekerja Membersihkan Kaca di Area Pusat Perbelanjaan


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa ekonom memperkirakan bahwa ekonomi pada kuartal II-2018 akan tumbuh di atas kuartal I-2018 yang sebesar 5,06%. Diperkirakan, pertumbuhan ekonomi maksimal yang sanggup dicapai adalah 5,2% pada kuartal II ini.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede memperkirakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2018 sekitar 5,15% hingga 5,20%. Pendorongnya antara lain konsumsi rumah tangga dan investasi.

Ia mengatakan, peningkatan laju konsumsi rumah tangga secara agregat dipengaruhi oleh faktor musiman Ramdhan dan Hari Raya Idulfitri.

“Konsumsi masyarakat cenderung meningkat tercermin dari perputaran uang meningkat seiring dengan aktivitas pada Hari Raya di mana konsumsi masyarakat khususnya yang mudik ke kampung halaman cenderung akan meningkat,” kata Josua kepada KONTAN, Rabu (27/6).

Tren peningkatan perputaran uang tersebut, menurut Josua, tercermin dari data pengedaran uang. Penggunaan uang kartal oleh masyarakat menunjukkan peningkatan sebagaimana tercermin pada meningkatnya berbagai indikator pengedaran uang antara lain jumlah uang beredar (UYD) dan net aliran uang kartal yang keluar dari Bank Indonesia (BI) ke perbankan dan masyarakat.

Adapun, peningkatan laju konsumsi rumah tangga juga tercermin dari tren naiknya porsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi dibandingkan kuartal I yang lalu.

Selain faktor Idulfitri, menurut Josua, faktor musiman panen raya yang masuk pada kuartal II juga diperkirakan akan mendorong perekonomian khususnya sektor pertanian.

Dari sisi investasi, Josua memperkirakan bahwa ada peningkatan laju investasi yang tercermin dari peningkatan laju impor non-migas khususnya impor barang modal dan bahan baku. Peningkatan investasi bangunan juga diperkirakan masih meningkat seiring dengan penyelesaian proyek-proyek infrastruktur secara nasional.

“Jadi, secara keseluruhan, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II diperkirakan meningkat dibandingkan kuartal I tahun ini,” katanya.

Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro juga memperkirakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II akan berada pada kisaran 5,15% hingga 5,2%. Selain itu, Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih juga yakin, ekonomi pada kuartal II tahun ini mampu tumbuh di kisaran 5,18% hingga 5,21%.

“Mungkin saja konsumsinya bisa menembus 5,02%, tetapi saya khawatir dengan defisit neraca dangang yang besar, akan meng-counter konsumsi domestik sehingga hanya tumbuh 5,18%,” jelasnya kepada KONTAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×