kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diguncang gempa 6,8 SR, warga Mataram panik


Minggu, 05 Agustus 2018 / 20:10 WIB
Diguncang gempa 6,8 SR, warga Mataram panik
ILUSTRASI. GEMPA LOMBOK


Reporter: Barly Haliem | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gempa Bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) kembali mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB). Warga panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri, terutama warga di wilayah pemukiman dekat pantai. 

Budi Setiawan, warga di Sekarbela, Mataram, NTB, mengungkapkan, dirinya dan warga lain berhamburan keluar rumah untuk mengungsi. Ada yang berlarian, menggunakan sepeda motor dan atau menggunakan mobil pribadi untuk mencari wilayah yang dirasa aman. 

Maklum, wilayah Sekarbela berbatasan langsung dengan bibir Pantai Loang Baloq, Mataram. “Kami mendapat kabar gempa berpotensi tsunami, sehingga kami semua panic,” kata pria yang juga dosen di Universitas Negeri Mataram kepada KONTAN, Minggu (5/8). 

Dia bercerita, gempa terasa sekitar pukul 17.00 WITA. “Waktu itu saya sedang shalat Isya. Gempa terasa kencang sekali. Saya langsung bawa anak-anak keluar rumah,” kata ayah empat orang putra itu. Akibat gempa, dinding lantai dua rumahnya roboh. Sebuah masjid dekat rumahnya yang sedang direnovasi juga ambruk. “Lampu listrik juga padam. Situasi sekarang benar-benar panik,” kata Budi. 

Sampai saat ini, dia belum mengetahui ada tidaknya korban jiwa dalam musibah ini. “Mudah-mudahan tidak ada. Saya berharap informasi yang beredar tidak menyesatkan,” kata dia. Sebelumnya,  akun Twitter Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa terjadi pada Minggu (5/8) sekitar pukul 18.46 WITA.

Pusat gempa berada di 8.25 Lintang Selatan, 116.49 Bujur Timur, 27 kilometer Timur Laut Lombok Utara, NTB. "Kedalaman gempa 10 kilometer, tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG. Beberapa saat kemudian, BMKG merilis informasi terbaru bahwa gempa terjadi di kedalaman 15 km pantai selatan NTB. Gempa ini berkekuatan 7 SR. BMKG juga memberi peringatan dini tentang potensi tsunami.

Beberapa waktu terakhir, gempa acap mengguncang NTB. Akhir bulan lalu, gempa bumi juga mengguncang NTB pada Minggu (29/7). Ketika itu gempa berkekuatan 6,4 SR menewaskan belasan orang.

Setelah gempa besar, sejumlah gempa dengan skala lebih kecil menggoyang kawasan ini. Tiga kecamatan menjadi daerah paling terdampak, yakni dua kecamatan di Lombok Utara yaitu Kecamatan Sembalun dan Sambelia. Gempa juga berdampak di Kecamatan Bayan, wilayah Lombok Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×