kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cerita Mahfud MD mengenang sosok Hasyim Muzadi


Kamis, 16 Maret 2017 / 10:27 WIB
Cerita Mahfud MD mengenang sosok Hasyim Muzadi


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga warga Nahdlatul Ulama (NU), Mahfud MD, mengaku kehilangan sosok Mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi yang meninggal dunia Kamis (16/3) pagi ini.

Menurut Mahfud, KH Hasyim Muzadi bukan sekadar tokoh NU, melainkan juga tokoh bangsa. Sebab bagi Mahfud, Kiai Hasyim merupakan sosok yang bisa memberi teladan hidup sebagai orang Islam dan Indonesia sekaligus.

Dalam jati diri Kiai Hasyim, Mahfud menjelaskan, keislaman dan keindonesiaan terlihat sebagai satu paduan yang harmonis, tidak konfrontatif.

"Pak Hasyim itu bukan sekadar tokoh NU tapi tokoh bangsa karena dia menguatkan bangunan toleransi di Indonesia. Saya kira itu yang tidak dibantah dari Kiai Hasyim," ujar Mahfud saat dihubungi Kompas.com, Kamis (16/3).

Mahfud juga mengenang KH Hasyim Muzadi sebagai sosok yang humoris. Itu, kata Mahfud, terlihat saat Kiai Hasyim menanggapi berbagai fenomena sosial terkini, yang selalu dimulai dengan humor ringan.

Contohnya saat beliau menanggapi cerita Dimas Kanjeng yang mampu menggandakan uang. Kiai Hasyim lantas menanyakan, kalau Dimas Kanjeng bisa menggandakan uang kenapa malah mengumpulkan uang dari orang lain untuk digandakan.

"Mbok sudah, punya uang Rp 100 ribu gandakan sendiri dan hasil gandaannya digandakan lagi kan jadi banyak, enggak usah mengundang orang menggandakan uangnya. Lalu kalau bisa begitu kan bisa dibagi-bagi," ucap Mahfud menirukan gaya bercerita Kiai Hasyim.

"Nah itu kan lucu caranya. Orang kan mengerti tetapi tidak dengan menghardik-hardik. Paham orang. Oh, sebenarnya logikanya seperti itu lalu dijelaskan dari sudut pandang agama oleh beliau," kata Mahfud.

Mahfud pun bercerita saat KH Hasyim Muzadi berceramah di hadapan para narapidana. Saat itu Mahfud melihat Kiai Hasyim begitu lepas meledek para narapidana.

"Beliau bilang, 'Orang itu harus hidup dengan lurus, ndak jadi penjahat kaya kamu itu. Kalau wajahmu kriminil gitu kan tidak bagus bagi masyarakat, tidak bagus bagi agama'. Sambil ketawa orang yang mendengarkannya, baru setelah itu beliau beri nasehat," kata Mahfud.

"Coba kalau yang bilang bukan Hasyim Muzadi, pasti dikeroyok itu," lanjut Mahfud diiringi tawa kecil.

Karena sisi humorisnya tinggi, Mahfud mengatakan bahwa KH Hasyim Muzadi "klop" sekali kalau sudah bertemu almarhum Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Keduanya kerap bertukar humor dan membuat orang yang mendengarkan ikut tertawa.

"Sehingga yang saya senang kalau Pak Hasyim ketemu Gus Dur, itu saling tukar humor saja. Itu sangat menyenangkan bagi saya dan saya ikut tertawa," tutur Mahfud.

Karena itu Mahfud mengaku terpukul saat menjenguk Kiai Hasyim di kediamannya di Malang, dua minggu sebelum almarhum meninggal dunia.

Saat itu, Mahfud mengaku hampir tak mengenali wajah Kiai Hasyim yang sudah kurus dan tak lagi jenaka.

"Saya mau menangis karena orang ini orang kocak kok jadi tidak berdaya, Saya kira kita semua merasa kehilangan, kehilangan tokoh bangsa," tutur Mahfud. (Rakhmat Nur Hakim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×