kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catatan BPS, konsumsi leisure tumbuh 6,3%


Senin, 14 Agustus 2017 / 15:00 WIB
Catatan BPS, konsumsi leisure tumbuh 6,3%


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Belakangan muncul perdebatan soal melemahnya ekonomi. Di satu sisi, ada yang mengatakan ekonomi tengah lesu karena daya beli turun. Di sisi lainnya, ada yang mengatakan ekonomi tidak mengecewakan karena konsumsi masyarakat masih baik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, konsumsi rumah tangga di kuartal II lalu yang tercatat tumbuh 4,95% yoy, sedikit lebih tinggi dari kuartal pertama bukan menandakan adanya pelemahan daya beli.

Menurut dia, belakangan ini tren konsumsi mengalami peralihan. Peralihan konsumsi dapat dilihat dari belanja kebutuhan non leisure menjadi belanja yang mengisi kegiatan waktu luang atau (leisure activities).

“Kita terlalu banyak perhatikan di indeks ritel, barang. Padahal ada yang lain. Yang semakin berkembang, yaitu kelas menengah atas mulai melakukan kegiatan yang sifatnya lebih bersenang-senang,” ucapnya dalam seminar Nasional "Apakah Perekonomian Indonesia Melambat?” di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin, (14/8).

Hal ini terkonfirmasi dari data Badan Pusat Statistik (BPS). Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik, Sri Soelistyowati mengatakan bahwa ada pertumbuhan yang lebih tinggi di level konsumsi untuk leisure activities.

Menurut dia, pertumbuhan konsumsi secara tahunan (yoy) untuk komponen leisure dan non-leisure cenderung berbanding terbalik. Konsumsi leisure melonjak ketika ada sedikit pelambatan di non-leisure.


“Pertumbuhan komponen rekreasi lebih tinggi. Dari data yang kami ambil, membuktikan terjadi shifting, jadi orang Indonesia tidak perlu sering-sering ganti mobil tapi rekreasi,” ucapnya.

BPS mencatat, komponen leisure pada kuartal IV 2016 tumbuh sekitar 5,1%. Sementara kuartal II 2017 tumbuhnya 6,3%. Di sisi lain, komponen non-leisure pada kuartal IV 2015 tumbuh 5%. Sementara di kuartal II 2017 4,3%.

BPS menggolongkan komponen yang termasuk dalam leisure activities yakni hotel, restoran, tempat rekreasi, dan kegiatan kebudayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×