kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bulog: Posisi kami adalah operator


Kamis, 22 Maret 2018 / 00:10 WIB
Bulog: Posisi kami adalah operator
ILUSTRASI. Beras impor mulai dimasukkan dalam gudang penyimpanan milik Perum Bulog


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini tengah terjadi berbagai masalah di komoditas beras. Mulai dari harga beras yang melonjak tinggi, Bulog yang sulit menyerap beras, hingga impor beras yang diperdebatkan berbagai pihak.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Karyawan Gunarso mengatakan, pemerintah pun terus berupaya menerapkan berbagai kebijakan untuk mencapai ketahanan pangan. Ketahanan pangan tersebut bisa dilihat dari tiga pilar yakni ketersediaan, keterjangkauan, hingga stabilitas harga.

Karyawan menjelaskan, Bulog merupakan badan yang ditugaskan pemerintah untuk menjaga ketersediaan pangan dan melakukan stabilisasi harga di tingkat konsumen. Bertugas untuk menjaga ketahanan pangan, Karyawan menegaskan bahwa posisi Bulog hanya sebagai operator.

"Kami hanya menjalankan kebijakan, jadi seluruh regulasi ada di kementerian terkait. Ada banyak, sekitar sembilan kementerian, yang membawahi Bulog," ujar Karyawan, Rabu (21/3).

Terdapat berbagai dasar hukum terkait pendirian dan pelaksanaan tugas Bulog. Ada UU No 19/2013 tentang BUMN, PP No 13/2016 tentang Perum Bulog, Perpres No 48/2018 tentang penugasan kepada Bulog dalam rangka Ketahanan Pangan Nasional, juga Inpres No 5/2015 yang mengatur tentang Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Menurut Karyawan, semua regulasi tersebut diimplementasikan Bulog dalam berbagai hal.

Dalam hal ketersediaan, Bulog diberi tugas untuk melakukan pengadaan gabah dan beras. Harga beli pun sudah ditentukan harga beli dan kualitas. HPP untuk gabah kering panen sebesar Rp 3.700 per kg sementara harga beras Rp 7.300 per kg dengan kriteria yang telah ditentukan. Apabila tidak bisa menyerap gabah/beras tersebut, adapula kebijakan fleksibilitas yang baru-baru ini mencapai 20%.

"Sekarang persoalannya, harga gabah Rp 5.000 per kg, dalam konteksnya untuk menjaga stabilitas harga, harga tersebut sudah di atas HPP. Sebetulnya Bulog tidak diharuskan melakukan pembelian. Kalau Bulog membeli di atas HPP, Bulog akan diperiksa BPK. Itulah kondisi perusahaan kami," jelas Karyawan.

Bulog pun ditugaskan untuk menyediakan outlet penyaluran beras untuk masyarakat berpendapatan rendah. Pada 2017 masih ada program rastra sebagai outlet penyaluran beras tersebut. Menurut Karyawan, Bulog pun terus menjalankan tugas tersebut.

Dalam menjaga kestabilan harga, Bulog pun kerap melakukan Operasi Pasar (OP). OP tersebut dilakukan berdasarkan instruksi Kementerian Perdagangan. Tujuan beras, harga dan sebagainya pun telah diatur.

"Jadi ketiga pilar tersebut dilakukan berdasarkan instruksi dan arahan regulator yang terkait. Jadi bila ada kabar Bulog serapannya rendah, Bulog tidak menyerap gabah ke petani itu harus dilihat dari penugasan yang diberikan," tandas Karyawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×