kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BKPM fokus tingkatkan konektivitas ekonomi


Selasa, 06 Maret 2018 / 13:19 WIB
BKPM fokus tingkatkan konektivitas ekonomi
Kepala BKPM Thomas Lembong memberikan keterangan pers


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) berupaya untuk mendorong percepatan. Salah satu fokus pemerintah adalah dengan cara meningkatkan konektivitas ekonomi.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, tiga kegiatan yang akan diintegrasikan yakni Implementasi Kemudahan investasi Langsung Konstruksi (KLIK), hal ini dilakukan demi memuluskan dalam Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Kawasan Industri Tahun 2018. Selain itu, lanjutnya , ada pula Konsolidasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal (KP3MN) 2018 dan Regional Investment Forum (RIF).

Thomas menambahkan, pelaksanaan KP3MN, Perluasan Implementasi KLIK dan RIF dimaksudkan untuk dapat mencapai target realisasi investasi 2018 sebesar Rp 765 triliun dan mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi, sekaligus perluasan penciptaan lapangan kerja dan peningkatan ekspor nasional.

“KP3MN bertujuan mengkonsolidasikan seluruh aparatur penanaman modal baik di pusat maupun di daerah,” ujarnya pada saat konferensi pers di gedung BKPM, Selasa (6/3).

Kemudian, KLIK dimaksudkan untuk memperluas kemudahan dan layanan investasi yang dilakukan oleh BKPM, serta RIF bertujuan untuk mengkomunikasikan berbagai kemajuan dan peluang investasi langsung kepada investor.

Sementara, Kegiatan KP3MN merupakan kegiatan tahunan untuk mengkonsolidasikan seluruh program dan kegiatan pemerintah pusat dan daerah dalam penyusunan kebijakan serta perencanaan, promosi nonperizinan, pengendalian pelaksanaan realisasi investasi melalui dan pelayanan perizinan pemantauan dan fasilitasi permasalahan yang dihadapi penanam modal di lapangan

Tema untuk acara KP3MN tahun ini adalah Konektivitas Ekonomi dimaksudkan untuk mendorong agar investasi dapat meraih peluang dari globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang cepat berubah.

“Investasi harus mampu mendukung percepatan pembangunan ekonomi yang inklusif, terintegrasi, melengkapi rantai pasok (supply chain) dan efisiensi bagi peningkatan daya saing nasional," jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan lklim Penanaman Modal Farah Ratnadewi Indriani menyampaikan, bahwa pemilihan tema Konektivitas Ekonomi dilakukan dengan tujuan bahwa hal tersebut dapat menjadi pendorong perubahan paradigma aparatur pemerintah baik di pusat maupun daerah.

Harus ada kesamaan untuk dapat mengantisipasi perubahan yang dibutuhkan pelaku usaha memangkas perizinan yang tidak perlu, menghapus ekonomi biaya tinggi dan melakukan percepatan integrasi pelayanan perizinan berusaha dari manual ekonomi biaya tinggi dan melakukan percepatan,” imbuhnya.

Adapun kegiatan tersebut akan dilakukan pada tanggal 12 hingga 14 Maret 2018 di Yogyakarta. Presiden RI juga dijadwalkan akan memberikan arahan pada kegiatan KP3MN yang dihadiri oleh 850 pemangku kepentingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×