kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Dunia pangkas proyeksi PDB Indonesia


Selasa, 03 Oktober 2017 / 11:50 WIB
Bank Dunia pangkas proyeksi PDB Indonesia


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Dunia (World Bank) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sebesar 5,1% dalam Laporan Kuartalan World Bank yang dipublikasikan Selasa (3/10). Angka itu turun dari ramalan World Bank Juni 2017 yang sebesar 5,2%.

Sementara itu, proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan sebesar 5,3%, sama dengan proyeksi sebelumnya.

Bank Dunia melihat, perkembangan ekonomi Indonesia yang tumbuh stagnan di kuartal kedua 2017 sebesar 5,01%, lantaran tidak adanya percepatan di tengah membaiknya lingkungan eksternal dan momentum reformasi kebijakan fiskal. Walaupun, capaian pertumbuhan ekonomi tersebut menempatkan Indonesia di antara negara-negara besar yang pertumbuhannya paling cepat di dunia.

World Bank juga melihat, pertumbuhan konsumsi swasta di kuartal kedua tidak meningkat. "Hal itu berlawanan dengan beberapa faktor menguntungkan, seperti pertumbuhan lapangan kerja yang tinggi, kenaikan gaji sebanyak dua digit, kepercayaan konsumen yang tinggi, menurunnya inflasi pangan, kurs rupiah yang stabil, dan beralihnya periode Idul Fitri ke kuartal kedua tahun ini," kata Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves dalam paparannya di The Energy Building, Selasa pagi.

Pada periode itu pula, konsumsi pemerintah mengalami kontraksi dari tahun sebelumnya, sebagian mencerminkan dampak dasar (base effect) dari peningkatan belanja barang yang besar di kuartal kedua 2016. Ditambah adanya hari kerja yang lebih sedikit di kuartal kedua tahun ini. Sementara pertumbuhan ekspor dan impor secara signifikan melambat di kuartal kedua.

"Tidak adanya peningkatan dalam pertumbuhan di triwulan kedua terutama konsumsi sektor swata, adalah teka-teki yang memerlukan data dan analisis lebih lanjut. Salah satu kemungkinannya adalah bahwa perekonomian menyesuaikan diri dengan reformasi baru-baru ini, sementara dampak pertumbuhan membutuhkan waktu untuk terealisasi," imbuhnya.

Belum Iama ini Bank Indonesia (BI) juga memulai siklus pelonggaran moneter yang baru dengan memangkas suku bunga sebesar 25 basis points (bps) pada Agustus dan September untuk mendukung pertumbuhan PDB. Hal ini didasarkan pada fakra bahwa inflasi saat ini lebih rendah dari perkiraan dan pertumbuhan kredit masih lamban.

Namun, pihaknya memperkirakan ekonomi tahun depan lebih tinggi dari tahun ini, karena perekonomian global yang mendukung dan kondisi domestik yang lebih kuat. Kuatnya perekonomian domestik tahun depan juga disebabkan oleh reformasi perekonomian yang terus berlanjut dan secara bertahap mulai memberikan dampak.

Konsumsi swasta diproyeksikan menguat seiring dengan kenaikan upah riil dan peningkatan lapangan kerja. Sementara investasi swasta akan mendapatkan keuntugan dari penurunan suku bunga BI baru-baru ini yang berdampak pada penurunan biaya pinjaman.

Konsumsi pemerintah pada tahun depan juga diperkirakan meningkat, namun defisit anggaran akan tetap terjaga terjaga karena peningkatan kinerja penerimaan terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan reformasi perpajakan. Sebagai sinyal atas komitmenya terhadap disiplin fiskal APBN tahun 2018 yang dusulkan oleh pemerintah menyaratkan defisit sebesar 2,2% dari PDB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×