kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Air mata Itu akhirnya jatuh di wajah Veronica


Rabu, 24 Mei 2017 / 08:51 WIB
Air mata Itu akhirnya jatuh di wajah Veronica


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Sosok Veronica Tan, istri Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, biasanya tidak banyak menunjukan perasaan melalui mimik wajahnya. Veronica cenderung kalem dan kerap menunjukan ekspresi datar pada setiap kondisi. Dia sering tampak santai dan tidak mau pusing.

Tahun lalu, Basuki atau Ahok pernah terlilit beberapa masalah seperti polemik pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras yang diselidiki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Masalah itu berlangsung bersamaan dengan kasus suap reklamasi Pantai Utara Jakarta yang menyeret nama stafnya, Sunny Tanuwidjaja. Ketika itu, Veronica dengan santai berkomentar bahwa Ahok bisa menghadapi sendirian.

"Bapak bisa hadapi itu, kok. Ha-ha-ha," kata Vero.

Tidak ada upaya khusus untuk menyemangati suaminya. "Ya kalau bapak minta saya hadir, ya saya hadir. Sekarang lihat, bapak baik-baik saja, kan. Ha-ha-ha," kata Veronica.

Ketika Ahok mulai terjerat kasus penodaan agama, Veronica juga tidak berkomentar apapun. Dalam beberapa kesempatan, Veronica menolak berkomentar hal-hal di luar topik kegiatan. Selama persidangan, Veronica tidak pernah hadir dan hanya berdoa dari rumah saja.

Namun, ketegaran Veronica selama ini pada akhirnya luruh. Tangisan Veronica pecah saat membacakan surat dari Ahok kemarin, Selasa (23/5). Dia tidak sanggup menahan tangis ketika menyampaikan pesan dari suaminya itu.

Suara Vero terdengar tertahan di kerongkongan, sebelum dia bisa lanjut membacakan surat itu lagi. Veronica juga mengatakan bahwa dia dan anak-anaknya akan terus mendukung Ahok selama menjalani hukuman.

"Dari pertama pada saat bapak menjabat sebagai gubernur sampai menjadi tersangka, sampai pada proses hari ini, kami sekeluarga sudah merasa cukup," kata Vero.

Vero mencabut banding yang sebelumnya diajukan oleh penasihat hukum Ahok. Ahok dan keluarga memilih menerima vonis hakim yang menyatakan Ahok bersalah dalam kasus penodaan agama.

Banjir dukungan

Nama Veronica sempat menjadi pembahasan netizen di sejumlah media sosial usai konferensi pers yang diadakan mengenai alasan pencabutan banding Ahok, Selasa (23/5) siang. Di Twitter, kata "Veronica" dan "Bu Vero" masuk sebagai salah satu trending topics atau yang ramai dibicarakan di dunia maya.

Dari sejumlah tweet yang diunggah netizen, sebagian besar menyampaikan rasa simpati, semangat, dan doa untuk Vero. Sejumlah netizen juga mengaku ikut sedih setelah melihat Vero menangis saat membacakan surat dari Ahok yang masih ditahan di rumah tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"I broke into tears the moment I saw Bu Vero crying. You're such a strong woman I aspire to be, Bu. He's right, Gusti ora sare," tulis akun @yasnnin.

Kelompok relawan Basuki Tjahaja Purnama, Teman Ahok, juga turut sedih saat mengetahui isi surat Basuki atau Ahok yang dibacakan oleh Veronica Tan. Juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, mengaku sedih karena tidak pernah melihat Veronica sesedih saat membacakan surat yang ditulis Ahok.

"Teman Ahok pasti sedih apalagi kami tahu Bu Vero sangat kalem. Paling jarang terlihat emosional," ujar Amalia.

Dari surat Ahok, Amalia melihat kebesaran jiwa Ahok serta keluarganya. Amalia menilai Ahok tidak bersikap egois di tengah kesulitan yang dia hadapi.

Dalam surat tersebut, Ahok menulis kekhawatirannya terhadap aksi yang terus menerus digelar para pendukung dan relawannya. Ahok meminta para pendukungnya ikhlas seperti dia yang sudah menerima vonis majelis hakim. Menurut Amalia, sikap Ahok dak keluarganya merupakan contoh ketegaran.

"Apa yang saat ini diperlihatkan oleh Pak Ahok dan keluarga adalah ketegaran yang luar biasa hebat dan membanggakan," ujar Amalia.

Sosok Ahok tetap menjadi kebanggaan bagi Teman Ahok. Amalia mengatakan Ahok adalah sosok yang tegar, memiliki prinsip, idealisme, dan cinta terhadap Indonesia.

"Dan sekarang (kami) bangga dengan bagaimana Pak Ahok yang di saat tersulit pun mampu memaafkan orang yang mencederai beliau," kata Amalia. (Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×