kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada duit miliaran di rekening honorer Kemdag


Rabu, 29 Juli 2015 / 21:02 WIB
Ada duit miliaran di rekening honorer Kemdag


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Satgas Khusus Polda Metro Jaya menemukan uang miliaran rupiah di rekening pegawai harian lepas (PHL) atau honorer di Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan. Rekening PHL tersebut atas nama MU, yang kini menjadi tersangka dugaan suap di instansi pemerintahan tersebut.

"Kami sudah buka rekeningnya, nilainya miliaran," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian di Jakarta, Rabu (29/7).

Polisi memeriksa MU lebih dalam. Pemeriksaan tersebut menyasar pada aliran dana tersebut, sampai pada kecurigaan seorang pegawai honorer yang memiliki uang cukup besar.

"Seorang PHL punya (uang) sebegitu besar," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti, Rabu.

Dari keterangan MU, ternyata uang tersebut bukan hanya punya dia. Uang tersebut juga dimiliki oleh oknum-oknum yang diduga terlibat dalam kasus suap.

"Dia bercerita, uang itu bukan punya dia. Uang ini adalah milik siapa-siapa, sudah disebutkan," kata Krishna.

Kasus ini bermula dari kegeraman Presiden Joko Widodo terhadap dwell time atau masa inap peti kemas di Tanjung Priok pada Rabu (17/6) lalu. Pasalnya, kegiatan tersebut dinilai cukup lama dan berdampak luas terhadap perekonomian di Indonesia.

Tito langsung menunjuk Kapolres Metro Pelabuhan Tanjung Priok Ajun Komisaris Besar Hengki Haryadi untuk melakukan pengecekan di lapangan. Setelah pendalaman, petugas ternyata menemukan sesuatu yang bermasalah, yakni soal perizinan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, dari paparan Hengki, Tito menyebut adanya unsur tindak pidana berupa penyuapan dan gratifikasi dalam perizinan pelayanan terpadu satu atap di Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan.

Tito kemudian membentuk satgas khusus yang diketuai Hengki dengan dibantu Direktorat Reserse Kriminal Umum dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Dari situ, polisi kemudian bergerak dengan menggeledah kantor Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan pada Selasa (28/7).

Setelah penggeledahan tersebut, polisi menangkap N, perempuan broker yang diduga terlibat kasus penyuapan di instansi pemerintahan tersebut. Tak berhenti sampai di situ, dua orang dari Kementerian Perdagangan, yakni MU sebagai PHL dan I sebagai kasubdit di Kementerian Perdagangan, juga turut dijadikan tersangka dalam kasus ini. (Kahfi Dirga Cahya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×